Sabtu, 19 Desember 2015

#Blogpost1 Hal – Hal yang Bikin Timbulnya Posesif pada Pasangan

So, di siang ini gue bakalan sedikit share mengenai…..hm, enaknya topik apa yah?
Kebetulan postingan ini gue ketik di perpus kampus, di meja pojok belakang, dengan posisi kursi yang deket dengan hembusan AC semilir melalui bulu-bulu badan gue. Belakang kursi ada colokan (the most important things nowadays, beside WiFi), lengkap ama terminal, jadilah gue memanfaatkan fasilitas dengan seefektif dan seefisien mungkin. Powerbank, hp, tab, laptop, semua dicolokin. Alhamdulillah hemat…

Awalnya gue lagi nulis blogpost mengenai tema yang lain, ini Cuma kebetulan aja gak sengaja gue kepikiran dan akhirnya tulisan ini berlanjut, sampe akhirnya di posting juga ke blog. Nah, lagi asik-asiknya gue nulis dari kerangka yang udah gue susun, tiba-tiba ada frekuensi suara-suara halus terdengar menyusup ke gendang telinga gue. Padahal telinga lagi dijejelin earphone dengan suara mengalun nya Madylin Bailey, eh gue pun iseng, ngepause lagu, tapi tetep make earphone sambil coba nyari tau ada apa sih rebut-ribut siang bolong gini di perpus?

“…..loh gak dra, aku tadi Cuma nanya kapan jadinya rapat sama BEM..”
“kenapa kamu gak ijin aku dulu, aku disini loh di perpus nungguin kamu, katanya mau belajar bareng.”
“aku Cuma ngobrolin kapan kok jadwal rapat, beneran deh, maaf yaahh…”
“kamu tuh gak bisa jaga kelakuan ya di depan aku, apa-apa tuh bilang ke aku.”

Dan percakapan itu terlalu panjang buat gue ketik disini, ya yang jelas akhirnya si cowok pergi. Si cowok emang daritadi sebelom gue datang udah stay di meja sebelah gue. Si cewek untungnya bertindak bijak dengan gak melanjutkan drama ala kejar-kejaran tarik-tarikan tangan. Dia Cuma duduk di meja sebelah gue, gue asik ngetik, sambil observasi kira-kira masalah mereka ini apa, hehe…

“….huks…” ini suara nangis, iya sambil disedot gitu ingus nya biar gak meler. Suaranya dari cewek tadi sepertinya. Lalu gue ngelirik ke arahnya…

“mbak pilek? Nih tissue.” Gue nyodorin bungkusan tissue ke cewek itu.
Dan cewek itu berpaling, oh god, nangis ternyata ampe sembab matanya. Merah wajahnya, duh bawaannya jadi pengen minjemin pundak gitu (?).
“eh eh gapapa kok mas.” Dia lalu pergi dan berlalu tanpa babibu basa-basi ke gue.

Drama pun berakhir ngentang, dan kepala gue pun berpikir terang menerawang apa yang sebaiknya gue tulis sekarang. Dari cuplikan-cuplikan diatas, hal yang paling sesuai menurut gue adalah, CEMBURUAN, hm, jangan deh cemburu terlalu substansial dan riskan untuk diperdebatkan, karena ada yang bilang cemburu itu cinta, ada yang bilang cemburu itu bisa bikin gila, yaudah kita ganti ke kata sifat yang lebih tepat buat ngeresume cuplikan kejadian tadi. Yak, POSESIF!

                                      Gambar 1- Posesif, saking takutnya ampe elu digembok

Posesif, /po-se-sif/ menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bersifat merasa menjadi pemilik; mempunyai sifat cemburu. Nah ada definisi lain nih setelah gue googling juga, yaitu posesif adalah suatu sikap yang dipunyai atau ditunjukkan untuk mengontrol atau mendominasi sesuatu atau seseorang.

Begitulah kira-kira. Terus korelasinya sama cuplikan adegan diatas tadi apa?

Sebenernya masalah adegan diatas yang gue ceritain sebelumnya gak bisa langsung dihakimi sebagai posesif juga sih, karena gue belum melihat permasalahannya secara luas, tapi disini gue menjadikan adegan tadi sebagai pintu gerbang buat ngebahas mengenai posesif ini. Berdasarkan 3434923923 pasangan yang menjadi responden pada penelitian ini, oh bukan ini blog, bukan skripsi. Maaf delusional. Hehe.

Jadi dari pengertian posesif tadi, gue rasa banyak dari pasangan, gak semua tapi hampir selalu ada di tiap kabupaten/kota se Indonesia tercinta ini, pasangan yang posesif, entah salah satunya atau saling posesif. Duh ile, satu posesif aja ribet, apalagi saling posesif… Sebenernya apa sih yang bikin orang jadi posesif? Fenomena posesif yang menurut gue agak pro kontra, karena di satu sisi ada yang membenarkan tindakan posesif ini, tapi ada juga yang kontra, so marilah kita urai benang kusut si posesif ini. Here we go…

1. Posesif tanda sayang? Tanda cinta?



Hm, bener gak ya? Tapi berdasarkan pengalaman gue, gue sering mendapat pengakuan seperti ini, bahwa alasan orang menjadi posesif karena gak mau terjadi hal yang buruk akan pasangannya maupun hubungan mereka. Sehingga agar mencegah hal – hal yang gak diinginkan, mereka pun menerapkan batasan – batasan yang cenderung strict dan menjurus ke arah posesif!

Case: Ani dan Budi berpacaran, baru 3 jam yang lalu, tadi pas abis upacara Budi nembak Ani gitu dengan ngeinterupsi amanat Pembina Upacara. Ok, lalu jam pulang sekolah, Budi datang ke kelasnya Ani dengan maksud ngejemput Ani. Tapi Ani nolak, karena Mang Dudu tukang ojeg langganannya udah nungguin di depan sekolah, emang tiap harinya sejak PAUD, Ani selalu dianter jemput sama Mang Dudu karena rumahnya gak dilalui angkutan umum. Budi ngelarang, Budi bilang, “aku kan pacar kamu, pokoknya kamu harus pulang sama aku, atau gak kamu jalan kaki kalo pas aku gak bisa anter kamu pulang!”.
“loh kenapa gitu Bud?” tanya Ani.
“karena aku sayang kamu, aku takut nanti kamu cinlok sama Mang Dudu.” Kekeuh Budi.
“yaampun, Mang Dudu udah punya istri, anak aja udah 4, aku mah cintanya ke kamu kok.” Jawab Ani.
“gak pokoknya gak, nanti kamu kenapa-kenapa, liat deh motor Mang Dudu tuh udah gak kerawat gitu, Mang Dudu udah tua juga nanti gak konsen bawa motornya, nanti kalo kamu jatoh kenapa – napa gimana?” lagi – lagi Budi.

Nah begitulah kira – kira case posesif pada si Budi dan Ani, eh Ani dan Budi. Coba deh liat, betapa sayangnya si Budi sampe yang tadinya mungkin kita berpikir, duh….sweet banget sih Ani dianterin pulang mulu tiap hari. Kemudian jadi….. yaelah alay amat sih, tukang ojeg aja pake dicemburuin. Cuma gara – gara katanya sayang, atau kuatir, tapi malah jadi lebay dan nyebelin. Tadinya mungkin nunjukin rasa sayang, eh malah yang keliatan sok – sok ngatur. Sekian buat nomer satu. Berikutnya yang kedua, iya kamu yang selama ini masih jadi yang kedua…

2. Posesif karena masa lalu.




Hm, masa lalu dengan masa sekarang itu deket banget, kaya aku sama kamu dulu. Masa lalu menurut penelitian para ahli sangat mempengaruhi masa sekarang, makanya kalo pernah ada suatu kejadian di masa lalu, konon orang bijak selalu ngasitau kita untuk mengambil hikmahnya, untuk dijadikan pelajaran di masa depan dan sekarang. Begitu juga hubungan, setiap orang yang pernah kandas terempas atau karam hubungannya pasti bakalan berpikir untuk ngejalanin hubungan lebih baik dari sebelumnya. Mereka akan belajar dari kesalahan – kesalahan di hubungan yang lalu dan mencoba gak mengulanginya di hubungan yang selanjutnya dijalanin. Biasanya tipe yang begini, suka ada ungkapan, “aku tuh pernah terlalu percaya sama seseorang hingga akhirnya aku disakitin.”

Case: hm, sebenernya case nya mirip – mirip aja sih, tapi ya demi memperkaya khazanah di bidang permosesifan, maka dengan baik hati gue berikan contoh case dibawah ini.
Didi dan Dini, pasangan muda, baru aja ngerayain anniversary jadian mereka yang ke satu, satu minggu maksudnya. Ceritanya Dini ama gengnya, geng Kecambah, mau bikin party di diskotik gitu buat ngerayain anniv nya Didi dan Dini yang ke satu minggu.

“say, aku mau bikin party nih di diskotik ama anak2 ntar malem. Aku ijin pergi yah.” Ijin Dini.
“gak say, gak boleh ikut, kalo gak aku juga harus ikut.” Paksa Didi.
“yaampun say, ini tuh girls party kamu gak boleh ikut honey.” Jawab Dini.
“say, please aku gak pengen kamu bebas seenaknya kek gini, dulu aku sama mantanku bebasin dia keluar ama temen – temen cewenya, nyatanya mantanku nyelingkuhin aku sama supir temennya. Aku gak pengen kecewa untuk kedua kalinya.” Lirih Didi.

Itu diatas contoh case antara Didi dan Dini. Iya bener kok Didi dan Dini, gak kebalik. Bisa diliat kan secara gak langsung Didi ngebandingin dan seenaknya ngelarang Dini buat hangout ama temennya Cuma gara – gara pernah punya pengalaman yang hampir mirip saat masih dengan mantannya. Huh. Please…

Yak, kamu yang selalu ngerecokin, hai kamu yang ketiga, buruan…

3. Posesif karena…… ya kamu tuh punya Aku dan punyanya Aku!


Ini posesif level … ah begitulah susah dijelaskan, jadi ini semacam posesif di mix ama kemanjaan terus ditaburin ama bumbu – bumbu drama gitu. Gurih – gurih perih gitu deh. Hehehe. Hubungan antara cewek dan cowok itu pastinya harus diciptakan kebersamaan, agar langgeng gitu menurut penganut paham ini. Jadi mottonya, “biarlah badai menghempas asal kita bersama tak melepas, mati pun tak apa asal berdua.” Uh so sweet yak, dipikir – pikir kalo badai ya nyelamatin diri lah, bagus lagi kalo bisa nyelamatin diri berdua, bukan pasrah… duh kok jadi galak?

Bagi mereka, kebersamaan adalah harga mati, memang wajar dan sebuah hal yang lumrah sih kebersamaan di suatu hubungan, tapi terkadang kita juga gak akan selalu bisa bersama, misalnya terkadang ada suatu kondisi dimana kita kudu menyelesaikannya sendiri, bukan bersama – sama. Misal, lo bayar pajak STNK motor lo, itu kan urusan lo sendiri, kenapa cewek lo kudu dijemput terus ikut dibawa kesana, padahal dia juga gak paham apa – apa soal itu. Hehehe.

Case: Oni dan Ani, eh jangan Ani, Ani kan sama Budi. Gak jadi, kalo gitu Oni dan Lani deh. Oni dan Lani adalah pasangan yang selalu kompak, apa – apa selalu bareng, sayang Lani gak pernah kalo diajakin mandi bareng sama Oni, oh mereka belum begitu kompak berarti.

Seperti malam – malam biasanya Lani selalu ngesms pacarnya ini tepat jam 7, buat ngajakin pergi makan berdua. Emang udah ritualnya gitu, tiap malem gak peduli ada apapun mereka harus pergi makan berdua. Bahkan gak punya uang pun, Oni bakalan jemput Lani untuk makan, makan angin sambil ngelilingin alun – alun, mereka bahagia, walau masuk angina, yang penting masuk angina berdua.

“yank, yok makan. Pengen tongseng kobra nih…” sms Lani.
“duh yank, aku barusan dikasih makanan banyak bgt sama ibu kos nih, baru aja makan bareng ama anak – anak kosan.” Balesan Oni.

“hallo, maksud kamu apa yank? Kamu gak mau makan bareng aku lagi?” telepon Lani.
“engg…g…” belom beres jawab, Oni.
“apa kamu udah gak sayang kan sama aku lagi?” bentak Lani.
“kamu ngelupain aku kamu makan malem sama yang lain, bukan sama aku lagi. Aku gak nyangka…” lirih Lani.
“ini makan sama anak kosan kok yank, kamu makan sama keluargamu dulu gak papa kan?” jawab Oni.
“gak mau tau! Aku marah aku benci kamu! Kamu jahat kamu gak sayang sama aku! Aku gak akan makan kalo gak sama kamu!” tutup Lani.

Kemudian paginya, Lani dibawa ke IGD karena pingsan kelaparan…

Gimana? Kebersamaan gak selalu harus begitu kan? Terus gara – gara gak bisa bareng harus marah dan mogok makan gitu? Oh my god, antara posesif, manja, ama ngirit beda tipis ternyata…

Ya berikutnya keempat! Eh maaf yang ada Cuma orang pertama, kedua dan orang ketiga yang selalu ganggu si pertama dan kedua. Yaudah sampe sini aja opini dan pembeberan hasil investigasi gue tentang POSESIF! Yah bagi kalian yang lagi di keadaan di-POSESIF-in, bersabarlah, pintu keluar sudah dekat, atau lambai kamera nanti om gundul dan crew akan datang menyelamatkan kalian. Tapi kalo kalian lagi ada di posisi mem-POSESIF-kan pasangan kalian, segeralah bertobat, sebelum penyesalan itu datang…

So, sekian dari gue, jangan lupa tambahin komentar kalian buat feedback dan bahan buat diskusi, atau mungkin request untuk bahas apa di post selanjutnya! See ya!

Jangan lupa olahraga! Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat hubungan yang sehat juga (?).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar